Kamis, 01 Desember 2011

Linux Menekan Laju Perkembangan Virus Komputer

Virus Komputer selalu menjadi masalah dari semenjak kita mulai mengenal komputer sampai saat ini. Antivirus selalu saja tertinggal satu atau beberapa langkah terhadap perkembangan Virus Komputer. Sama halnya dengan Pak Polisi yang selalu tertinggal terhadap pelaku kejahatan (Maaf buat Pak Polisi, bukan bermaaksud menyinggung atau meremehkan pekerjaan/profesi, dan Pak Polisi ga perlu merasa bersalah dalam hal ini, karena memang Pak Polisi ga salah koq).


Saya telah mencoba untuk mengatasi kesulitan ini, dan saya coba menggunakan program-program antivirus dari mulai yang gratis dan mencoba yang berbayar, tetapi usaha ini tidak dapat menyelesaikan masalah. Bahkan beberapa Antivirus, justru bisa menimbulkan masalah, dari mulai masalah yang kecil sampai masalah yang besar bisa saja terjadi.

Sampai saya berkenalan dengan OS Linux yang sepertinya bisa mengatasi masalah Virus Komputer, saya ga tau persis, tetapi saya merasakan manfaat dari pemakaian OS ini, setidaknya laju perkembangan Virus bisa ditekan (bahkan sepertinya dapat dihilangkan).  Banyak distro Linux yang beredar, tetapi bagi pengguna awam seperti saya, sepertinya  distro Ubuntu dan turunannyalah yang saya rasakan mudah (bahkan sepertinya jauh lebih mudah penggunaannya dibanding OS yang saya gunakan sebelumnya).

Tidak ada salahnya mencoba hal-hal yang rasanya baru bagi kita, setidaknya kita tidak jalan ditempat dan berkutat dengan hal yang itu-itu saja. Selain itu kita ga seperti katak dalam tempurung, kita coba mendobrak tempurung tersebut, wah.... ternyata dunia itu sangat luas ya..... :).

Kalau anda merasakan kesulitan menggunakan Linux, adalah hal yang sangat wajar dan normal. Namanya juga barang baru, pastinya memiliki kebiasaan yang berbeda dengan hal-hal sebelumnya. Itulah perlunya kita menjadi manusia (sifat manusia itukan selalu belajar dari lingkungannya.

Dengan kita gunakan OS Linux maka saya yakin para pencipta Virus yang biasanya memiliki kemampuan yang sebenarnya tidak seberapa dapat kita buat frustasi. Sama dengan kenyataan seperti paparan diatas, sesungguhnya Penjahat itu tidak lebih pintar dari Pak Polisi. Tapi mengapa penjahat selalu saja lebih dahulu dari Pak Polisi? Sebenarnya ini masalah kebiasaan, penjahat menimbulkan kejahatan lalu Pak Polisi datang membasmi kejahatan, dan kejahatan meningkat bisa disebabkan karena faktor lingkungan yang kurang/tidak kondusif.

OS yang sebelumya saya pakai, dan para pembaca pakai saat ini barangkali, mungkin memiliki lingkungan yang kurang kondusif, dan sepertinya OS Linux yang saya gunakan saat ini memiliki lingkungan yang kondusif sehingga serangan virus tidak dapat terjadi. Inti dari tulisan ini bukan untuk mengkampanyekan OS Linux, tetapi lebih ditekankan pada kejengkelan saya dengan beredarnya virus-virus komputer saat ini yang sangat-sangat mengganggu. Antivirus, sama seperti Bapak-bapak polisi yang sangat sering kecolongan dibuat para penjahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar