Selasa, 01 November 2011

Internet

Internet tumbuh sedemikian pesatnya, seperti jamur dimusim hujan, sehingga kita (umumnya) dibuat terkagum-kagum dengan kecanggihan serta kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi ini. Internet  adalah salah bentuk teknologi, yaitu tenologi dalam sistem informasi dan komunikasi. Dimana-mana pada saat ini kita kerap kali mendengar istilah-istilah dalam dunia maya tersebut, diantaranya adalah: Facebook, Twitter, Yahoo, Google dan lain-lain yang biasanya sangat populer dikalangan para pelajar/siswa dan mahasiswa.

Sebagai sebuah teknologi tentunya internet juga memiliki sisi buruk selain kebaikan yang manfaatnya tidak bisa kita pungkiri. Sisi buruk dari internet itu sendiri timbul bukan karena internet itu memang memiliki dasar keburukan, tetapi tidak lain disebabkan karena kesalah penggunaan teknologi internet tersebut oleh si pemakai/pengguna. Hal ini dapat diibaratkan sebagai sebuah alat yang pastinya kita semua mengenalnya, yaitu sebuah pisau. Pisau itu adalah sebuah alat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa pisau mungkin para ibu-ibu atau remaja putri yang biasanya memasak akan marah besar ketika pisau yang akan digunakan tidak ditemukan didapur, bahkan sangat besar kemungkinan dia mengurungkan niatnya untuk memasak.

Dari contoh tersebut kita dapat membayangkan betapa sangat perlunya keberadaan pisau, tetapi hampir dapat dipastikan, kita begitu khawatir dan takut yang sangat luar biasa, ketika dihadapan kita ada seorang perampok yang menghunus sebilah pisau dihadapan kita. Dan pastinya kita berharap (mungkin juga berdoa), agar pisau yang berada ditangan sang perampok jatuh dan hanyut diparit, sehingga sang perampok tidak lagi memegang pisau.

Dari dua contoh tersebut kita bisa memahami kedudukan/kehadiran teknologi Internet di tengah-tengah kita. Ditangan orang yang bertanggung jawab internet begitu kita idam-idamkan keberadaannya, tetapi ditangan orang-orang yang tiidak bertanggung jawab, kita sangat takut dengan keberaan internet ditengah-tengah kita. Lalu pastinya anda sudah bisa memberikan penilaian tersendiri akan kehadiran teknologi Internet tersebut ditengah-tengah kita tanpa perlu memperdebatkan perlu atau tidaknya kehadiran teknologi tersebut diantara kita.

Dalam tulisan ini tentunya saya mencoba memaparkan manfaat/keuntungan positif yang ditawarkan oleh teknologi Internet tersebut, dan tidak akan memaparkan/menguraikan sisi keburukan teknologi tersebut, tentunya bukan untuk menutup-nutupinya, tetapi lebih disebabkan karena alasan bahwa keburukan yang ditimbulkan oleh pengguna internet yang tidak bertanggung jawab. Seperti pisau yang telas dijelaskan sebelumnya, yang terpenting adalah bahwa pisau tersebut harus digunakan sesuai kebutuhan.
Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa teknologi internet membawa perubahan yang luar biasa signifikan dalam kehidupan kita sehari-hari, dengan adanya internet banyak waktu dan biaya yang bisa dihemat, karena dengan internet jarak dan ongkos transportasi bisa dininimalisir bahkan mungkin juga dihilangkan. Contoh dalam mengirim surat, kita tidak perlu lagi membeli perangko sebagai ongkos kirim, mengantar surat ke kantor pos, dan menunggu kiriman dari kantor pos sampai ke alamat tujuan, tidak peduli seberapa jauh jarak antara tempat si pengirim dan sipenerima surat, karena jarak dalam hal ini dapat dihilangkan.

Bahkan rapat antara pemimpin perusahaan juga dapat dilakukan ditempat masing-masing perusahaan tanpa harus berkumpul disuatu tempat yang ditentukan, yang tentunya membutuhkan biaya untuk tempat dan transportasi yang tidak sedikit, bayangkan jika masing-masing perusahaan berada dinegara yang berbeda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar